Bali Zoo Evakuasi Sepuluh Rusa Timor di Zona Merah Gunung Agung

Bali Zoo bersama Balai KSDA Bali mengevakuasi sepuluh Rusa Timor (Cervus Timorensis)di Desa Pidpid, Kecamatan Abang, Karangasem, yang mana kawasan tersebut masuk dalam daftar zona merah Gunung Agung. Langkah evakuasi dilakukan untuk mengantisipasi adanya erupsi Gunung Agung, yang mana masyarakat di sekitar kawasan tersebut sudah banyak mengungsi sehingga rusa-rusa tersebut pasokan pakannya sangat kurang. Rusa-rusa yang dievakuasi merupakan hasil penangkaran yang dikelola oleh kelompok masyarakat Desa Pidpid.

Rusa Timor termasuk dalam kategori Status IUCN Vulnerable (rentan) di alam liar. Oleh sebab itu diambil tindakan oleh BKSDA untuk menyelamatkan satwa liar yang dilindungi tersebut. Saat proses evakuasi, sepuluh rusa betina tersebut kondisinya sehat namun memerlukan perawatan yang lebih intensif di lembaga konservasi. Proses evakuasi dilakukan dengan pemasangan kandang jebak yang sudah dipasang tiga hari sebelum hari evakuasi, tujuannya agar rusa-rusa tersebut terbiasa didalam kandang jebak dan memudahkan proses pemindahan ke dalam kandang transfer.

“Bali Zoo sebagai lembaga konservasi langsung mengambil tindakan untuk segera mengevakuasi sebagai upaya untuk menyelamatkan rusa-rusa di kawasan zona merah tersebut. Hasil dari tindakan evakuasi ini nantinya akan menjadi “fresh blood” atau darah baru untuk pelestarian perkembangan rusa di Bali Zoo” ujar Emma Chandra, Head of Public Relations Bali Zoo.